DADU

DADU
Rasakan, engkau punya banyak pilihan....

Jumat, 25 Mei 2012

Ramzi dan Kesatria BentengRamzi dan Kesatria Benteng by Raliesta
My rating: 2 of 5 stars

Bercerita tentang Ramzi, anak kecil yang orang tuanya meninggal dalam kecelakaan mobil, dan setelah itu tinggal serumah dengan Paman dan bibinya, serta dengan Dhani, sepupunya. Dhani selalu mengganggu Ramzi dengan perlakuan yang tidak baik, sampai akhirnya emosi Ramzi memuncak dan merancang cara untuk mengalahkan Dhani.

Dhani, yang merupakan preman sekolah, mencoba menguasai lapangan Teluk Angsan bersama gengnya, Tim Bomber. Ramzi harus mencegahnya, lapangan itu adalah milik umum, anak-anak harus bebas menggunakannya. Maka Ramzi menantang Tim Bomber melalui permainan petak benteng. Tim Ramzi sendiri dinamai Ksatria Hutan Hijau.

Dalam perjalanannya, cerita ini berkembang mengarah pada intrik rahasia terkait niat salah satu pengusaha yang akan mengubah sekolah menjadi swalayan. Di sinilah petualangan dimulai.

Cerita ini sebenarnya mengangkat tema sederhana, sangat mudah dicerna oleh anak-anak. Mengangkat tema bahwa kebaikan selalu menang dari kejahatan, meski bagaimanapun kejahatan itu menggunakan caranya. Sesuatu yang perlu ditanamkan pada anak-anak sejak kecil.

Sayangnya, ada beberapa hal yang kurang sreg di saya. Saya tak tahu apa itu permainan petak benteng. Meski di sini digambarkan dengan begitu detail, saya tetap tak dapat menangkap permainan jenis apa itu. Mungkin karena permainan itu tak saya mainkan saat masih kecil dulu, mungkin juga saya tipe orang yang paham sesuatu by experience.

Kedua, saya kurang suka ketika di buku ini, setelah mengalami perlakuan yang kurang baik dalam waktu yang lama oleh Dhani, digambarkan dengan sangat jelas bahwa Ramzi menyimpan dendam atas Dhani dan berniat membalasnya suatu saat nanti. Ok, itu hal wajar. Tapi sebagai tokoh protagonis, dan hero bagi anak-anak, alangkah baiknya bahwa alasan menentang Dhani bukan karena dendam atau disakiti, tapi karena menentang kejahatan dan rencana jahat Dhani. Saya pikir itu lebih mencerminkan jiwa pahlawan seorang anak.

Selanjutnya, cerita ini begitu datar. Saya kurang bisa menyelami karakter tiap tokohnya. Bahkan ketika permainan dimulai dan menegangkan, saya tidak merasa terlibat di permainan itu, tidak merasa sebagai penonton langsung. Hanya sebagai orang yang mendengar pertandingan itu dari mulut orang lain, yang entah menonton atau mendengar dari orang lain juga.

Mungkin sebenarnya salah ada di saya sih ya, kurang tahu apa itu petak benteng, padahal inti cerita ada di situ. Sementara cerita intrik sekolah akan diubah menjadi swalayan hanya diselipkan menjelang buku berakhir, jadi kurang terasa gregetnya.

Gitu aja deh, mau minjem buku yang lain lagi ^^

View all my reviews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar